Selasa, 10 Januari 2023

Cara Mengatasi Laptop Freeze paling Mudah dan Ampuh

Apalagi saat masa pandemi yang mengharuskan para pelajar, mahasiswa, serta pekerja lainnya belajar dan bekerja di rumah. Yang dimana laptop menjadi benta utama yang digunakan setelah HP ya. Lalu bagaimana nih cara mengatasi hal semacam ini terutama ketika laptop kita mengalami freeze atau semacamnya. Setelah ini kami akan memebrerikan beberapa penjabaran dan penyebab dari hal ini. Yuk, segera di simak dan dipahami secara sekasama. Nah, para pembaca flin setyadi sekalian. Setelah ini kita akan menjelaskan beberapa cara mengatasi laptop ngefreeze secara seksama. Namun sebelum itu, kami akan memebrikan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari laptop ngefreeze ini. Nah, laptop yang mengalami freeze atau hang pasti tidak mungkin terjadi secara tiba-tiba tanpa ada penyebabnya ya. Apalagi kita tidak mengetahu apa saja yang terjadi di dalam server internal maupun eksternal. Sebelum mengatasi masalah ini, yuk pahami beberapa hal yang memungkinkan laptop kalian terjadi freeze. Kerusaka n pada driver. Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada drive. Ketika driver sedang bermasalah, maka tidak heran jika beberapa komponen di da terkena dampaknya.

Hal itu dikarenakan sistem operasi versi lama memiliki media penyimpanan yang sudah tua juga. Proses defrag ini membutuhkan waktu yang lama, sehingga proses ini disarankan untuk dilakukan pada malam hari supaya tidak mengganggu aktivitasmu. Salah satu masalah yang dapat menyebabkan laptop lemot adalah cache yang penuh. Sistem operasi Windows memiliki sebuah fitur bernama Ready Boost untuk membantu laptop dalam mendapatkan cache tambahan supaya bisa berjalan lebih lancar. Jika kamu masih menggunakan sistem operasi versi lama, seperti Windows 7, kamu harus mematikan sistem indexing pada laptop. Hal itu dikarenakan pada sistem operasi versi lama, proses indexing software masih belum sempurna, sehingga terkadang proses tersebut dapat membuat laptop terbebani. Untuk mematikan sistem indexing, kamu bisa me mbuka Start Menu, lalu pilih dan jalankan Service. Kemudian, carilah Windows Search pada kolom "Name" lalu klik dua kali. Setelah terbuka, pilih tab yang bernama General dan kamu bisa mematikan fitur indexing dengan menekan tombol disable pada startup type.

Selain itu, pastikan kamu mengeluarkan semua aplikasi web yang turut berkompetisi memperebutkan koneksi dengan streaming video yang kamu putar. Tak banyak orang yang tahu kalau cache yang menumpuk bisa menghambat kinerja suatu ponsel. Cache awalnya mungkin bisa membantumu lebih cepat mengakses browser yang pernah kamu kunjungi sebelumnya, tapi jika tidak pernah dibersihkan dalam jangka waktu lama, ukuran cache akan membesar, sehingga bisa menghambat performa ponsel saat digunakan streaming. Sebagai informasi, cache merupakan data bersifat sementara yang mencatat semua aktivitas kamu saat menggunakan sebuah aplikasi. Jadi, ketika kamu akan melakukan streaming, sebaiknya masuklah ke pengaturan browser dan hapus histori te rkini. Tak ada salahnya untuk mengosongkan cache agar kinerja ponsel lebih baik dan internet menjadi lancar. Jika kamu memiliki tetangga, router dan access point mereka bisa saja mengganggu milik kalian dan membuat sinyal wifi menjadi lambat. Router wifi bisa bekerja di berbagai channel, dan kalian bisa menggunakan channel yang lebih sepi dan jarang digunakan. Di PC atau komputer Windows, kalian bisa melihat channel mana yang digunakan oleh WiFi tetangga. Caranya masuk ke Command Prompt dan ketik 'netsh wlan show all'. Nantinya kamu akan melihat daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang digunakan di sekitar kalian. Selain itu, agar kamu bisa melakukan streaming video dengan lancar tanpa buffering, yaitu segeralah upgrade dari jaringan 3G menjadi 4G LTE. Yuk beralih ke jaringan 4G Telkomsel, karena hanya Telkomsel yang punya jangkauan paling luas di seluruh Indonesia. Kamu bisa dapat kuota 30 GB untuk 6 bulan untuk kamu yang beralih ke jaringan 4G! Mau tahu berita lainnya dari Telkomsel? Suka Share Foto Tiket Pesawat? Bye IndoXXI dan LK21! Sumber-sumber Informasi Lisan dan Tulisan yang Dapat Diketahui, Apa Saja? 10 Negara dengan Pengguna Internet Tertinggi di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? Apa Website Pertama di Dunia?

Virus ini dapat membuat banyak program di dalam PC kamu berjalan sendiri. Virus ini juga dapat menghilangkan atau menghapus file-file kamu. Tips mengatasi laptop freeze karena virus adalah selalu rutin lakukan scanning untuk mendeteksi ada atau tidaknya virus. Scanning dapat menggunakan antivirus bawaan Windows atau antivirus lain. File sistem adalah tempat berkumpulnya semua file yang mendukung sebuah program. Jika didalam file sistem ini ada file yang corrupt, maka akan berakibat pada PC menjadi not responding. Jika masalah hanya terjadi pada satu program, maka hanya tinggal uninstall program tersebut. Apabila ternyata masalah terjadi pada sistem atau file tersebut berkaitan dengan sistem, maka masalah ini akan terus terjadi b erulang kali. Hal ini lama kelamaan akan mengakibatkan PC kamu menjadi rusak. Laptop freeze tentu akan sangat mengganggu, terlebih saat sedang digunakan untuk pekerjaan atau sedang membuat tugas kuliah. Mengatasi freeze pertama dan dapat dikatakan paling efektif adalah melalui BIOS. Caranya adalah ketika PC kamu not responding, segera Restart laptop. Jika tidak bisa, lakukan Force Shutdown dengan menekan dan menahan tombol power hingga PC mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar