Selasa, 10 Januari 2023

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop tidak Bergerak Secara Tiba-Tiba

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Kursor atau touchpad pada laptop yang tidak bergerak secara tiba-tiba membuat pengoperasian laptop jadi tidak bisa berjalan semestinya. Jika menemukan masalah seperti ini pengguna windows tidak perlu panik kami menyediakan cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak. Kursor atau touchpad yang macet bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari permukaan touchpad kotor, laptop dalam kondisi rusak, atau pengaturan kursor dinonaktifkan. • Cara Mengatasi Laptop Lemot, Percepat Kinerja Perangkat Dengan 6 Langkah Berikut! Akan tetapi, kondisi kursor macet ini masih dapat diatasi supaya kembali normal. Dirangkum berbagai sumber, berikut cara mengatasi kursor laptop windows yang tidak bergerak. Cara pertama yaitu menggunakan mouse eksternal yang disambungkan ke laptop untuk membantu menggerakkan kursor. Cek sambil gerakkan mouse perlahan untuk melihat apakah kursor masih macet atau mulai bergerak mengikut perintah. Jika setelah dipasang mouse tambahan kursornya s udah bergerak, bisa dipastikan touchpad laptop Anda kotor atau dalam keadaan nonaktif. Sementara, apabila Anda menggunakan mouse eksternal dan mengalami kursor macet, coba pasang mouse pada port lainnya terlebih dulu untuk mengetahui masalah ada pada mouse atau port-nya. 2. Cek pengaturan kursor (touchpad). Kursor laptop tidak bergerak bisa disebabkan oleh mode pengaturan yang dinonaktifkan sebelumnya. Mode nonaktif bisa saja terjadi saat pengguna secara tidak sengaja.

Dan tentu saja ini akan membuat kinerja laptop menjadi normal kembali. Jika memang bagian hardware yang menjadi penyebab kerusakan pada laptop kamu. Maka sebelum kamu mencoba mengatasinya, terlebih dahulu ketahui bagian hardware manakah yang bermasalah. Bisa saja HDD, VGA, ataupun bagian lainnya. Jangan memaksakan laptop kamu untuk menjalankan program atau aplikasi yang sebenarnya laptop kamu tidak sanggup. Tentu saja hal ini akan sangat memaksa kerja laptop kamu. Setiap program ataupun game tentu memiliki minim um spesifikasinya masing-masing. Untuk mengatasinya, jika kamu mencoba menginstall sebuah apikasi namun tidak sesuai dengan spesifikasi laptop yang kamu miliki. Maka jangan sekali kali untuk menginstallnya. Akan lebih baik untuk menghapus program-program yang dirasa "berat" bagi laptop kamu. Gunakan program-program yang memang sesuai dengan spesifikasi laptop yang kamu miliki. Temporary file adalah file-file sementara yang ada di dalam laptop dan dibuat sistem windows untuk berbagai tujuan tertentu. File-file yang terletak pada chance atau recycle bin bisa mempengaruhi kinerja laptop menjadi lebih lambat. Untuk mengatasi hal seperti ini kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih semisal CCleaner.

Jika sistem windows memang sudah rusak parah, maka ini akan menyebabkan laptop menjadi lambat dan bahkan tak dapat digunakan. Jika sudah seperti ini, maka jalan satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah dnegan menginstall ulang. Windows yang rusak dan lambat bisa disebabkan karean banyaknya file-file yang terhapus maupun sudah corrupt. Instal Ulang. Kamu perlu dilakukan install ulang sistem windows sehingga dapat fresh kembali. Ekstensi adalah aplikasi tambahan yang dipasang pada browser dengan mendapatkan fitur tambahan yang tidak dimiliki browser. Pada laptop dengan spesifikasi rendah, ekstensi juga bisa menyebabkan laptop lemot. Pilih tool atau klik simbol strip tiga di bagian pojok kanan atas lalu pilih ekstensi atau add-ons. Cari ekstensi yang tidak terpakai dan hapus. Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kinerja laptop yang melambat agar kembali cepat seperti sebelumnya. Jangan hanya membiarkan masalah ini terjadi karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi dikemudian hari. Jika masalahmu belum teratasi, silakan kontak saya atau beli laptop baru saja.

Fitur yang dibuat oleh Windows untuk memulihkan driver yang baru diinstal.Pembaruan Untuk kembali ke drive utama. Metode ini cocok jika Anda menemukan kesalahan setelah memperbarui driver perangkat Anda, terutama driver mouse. Driver yang baru saja Anda instal mungkin tidak kompatibel dengan laptop Anda atau mungkin masih memiliki kesalahan, oleh karena itu Sopir kembali Metode ini harus dilakukan untuk melihat apakah itu berhasil untuk Anda. 2. Agak devmgmt.msc Lalu klik Memasuki. 3. Lakukan lagi dengan cara yang sama yaitu dengan membuka menu turun ke bawah dari menu.Tikus dan alat penunjuk lainnya" menggunakan panah dan tab. 4. Pada tahap ini, driver yang kembali ke versi aslinya masih sama, yaitu "Mouse yang sesuai dengan HID"Tekan Memasuki Pada driver itu. 5. Buka tab driver dan pilih Roll driver. 6. Jika Anda ditanya mengapa Anda melakukan Roll Back Driver, cukup pilih salah satu opsi yang terdaftar, lalu klik tidak apa-apa. Jika Anda tidak ingin khawatir tentang itu Perbarui dan kembalikan Pada driver, maka saya sarankan Anda menggunakan paket driver.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar